Mahasiswa Bangun Desa, PMKRI Bina Desa Genting

Mahasiswa Bangun Desa, PMKRI Bina Desa Genting
Presidium PMKRI bersama perangkat Desa Genting, Kecamatan Bang Haji Kabupaten Bengkulu Tengah.

Bengkulu Tengah, Scientia – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) jadikan Desan Genting Kecamatan Bang Haji sebagai desa binaan dari gerakan kemasyarakatan PMKRI. Presidium Gerakan Kemasyarakatan PMKRI Cabang Bengkulu, Gita Bonita Turnip mengatakan, keadaan Desa Genting cukup memprihatinkan, fasilitas umum kurang memadai dan memiliki 1 gedung Sekolah Dasar (SD) yang kurang layak.

“Kondisi gedung yang kurang layak, sudah rusak dan tidak terawat. Kehadiran guru sangat bergantung pada cuaca karena akses jalan yang licin apabila hujan datang,” tutur Gita kepada Scientia, Kamis (5/8).

Ia berharap kehadiran PMKRI di Desa Genting dapat membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat. Selain itu, melalui dampingan PMKRI, diharapkan dapat membuka wawasan masyarakat, baik itu terkait lingkungan hidup, ketaatan hukum, kesehatan dan sosial.

“Kami juga berarap bisa membantu masyarakat untuk menggali potensi-potensi yang ada di desa ini,” harap Gita di sela sosialisasi program Desa Binaan.

Staf Kepala Desa Genting, Absan, menyambut baik kehadiran PMKRI di desanya. Ia mengaku antusias dengan rencana-rencana baiknya untuk kemajuan desa.

“Kami memiliki banyak persoalan yang sekiranya dapat kita selesaikan bersama. Kami mohon bantuan adik-adik mahasiswa untuk membantu, khususnya dalam proses pembangunan jembatan yang saat ini belum direalisasikan oleh pemerintah. Ini supaya akses jalan ke kota lebih dekat. Pembangunan jembatan ini sudah kami ajukan sejak lama,” ujar Absan.

“Semoga program Desa Binaan yang diinisiasi PMKRI bisa berjalan dengan baik. Target membantu kemajuan desa bisa tercapai saat mendampingi masyarakat. Tentunya, perlu keterlibatan semua pihak baik dari pemerintah, masyarakat, maupun mahasiswa dapat membantu kemajuan desa,” harapnya.(Ak)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini