GMKI Kupas Pancasila

GMKI Kupas PancasilaBengkulu, Scientia – Akademisi El Fahmi Lubis dan mantan Ketua PP GMKI, Sahat Philip Martin Sinurat mengupas habis pancasila dalam webinar GMKI cabang Bengkulu, Kamis (3/6). Webinar ini menjelaskan implementasi Pancasila dalam tindakan, terutama aktivitas dalam dunia maya.

El Fahmi mengatakan Pancasila mulai luntur akibat sistem pendidikan yang membatasi pelajaran Pancasila.

“Kita terlalu euforia dengan reformasi sehingga lupa kalau sekarang kita telah mulai meninggalkan sistem pembelajaran Pancasila, yang dulu ada PMP. Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan sekarang jumlah jam pelajaran sedikit di kampus. Mana mungkin mahasiswa bisa paham. Belum lagi arus informasi dunia maya yang mengandung hoaks sampai buzzer,” papar El Fahmi.

Sahat Philip Martin Sinurat juga menyoroti lebih dalam perkembangan sosial media. Gesekan berita hoaks ditambah sikap eksklusif semakin memperparah keadaan. Sehingga, perlu langkahnyata meskipun kecil untuk mengurangi keadaan ini.

“Kita bisa melihat bagaimana informasi kali ini memperparah keadaan sehingga implementasi Pancasila terkesan tidak terlihat. Berita hoaks soal isu intoleransi tersebar dengan cepat. Mahasiswa harus menguasai Informasi, minimal buka portal berita yang informatif dan edukatif,” jelas Martin.(tom)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini